Share

Minggu, 08 Agustus 2010

ATI Radeon Cepat Rusak

Jika dibandingkan dengan kartu grafis berbasis GPU Nvidia, produk milik ATI Radeon dikabarkan lebih cepat rusak. Benarkah?

Hal tersebut dilontarkan oleh Digital Alliance sebagai salah satu pembesut kartu grafis Nvidia dan ATI Radeon di Indonesia. 

Permasalahan ini sebenarnya sudah pernah saya sendiri yang alami, saya dulu penggemar ATI Radeon waktu jaman type 9250, namun sekarang saya sudah beralih ke lain hati pada kubu "Hijau". Waktu itu saya sempat pingin mencoba produk ATI Radeon lagi, dan saya pun membeli type HD 4850 dengan harapan bisa lebih bagus dari vga sebelumnya.

Ternyata diluar dugaan, waktu pertama pasang ni vga saya curiga ada titik2 mencurigakan di layar (artefak), dan ternyata benar, baru sehari pake besoknya gak tampil, padahal power suply 500watt venom RX, trus saya komplain, dan diganti yang baru, ternyata begitu juga keadaannya. Untungnya tokonya mau balikin uang saya 100%. Sejak itu saya gak mau lagi berpaling dari kubu "Hijau" ;)


"Klaim RMA memang biasanya ada, dan kebanyakan yang sering itu terjadi pada kartu grafis ATI Radeon pada seri HD 5000," ujar Sudarto, Marketing Communication, PT Megakom Alfa Pratama sebagai pemegang merk Digital Alliance di Indonesia.

Sudarto menambahkan, dari 2.000 unit kartu grafis Nvidia dan ribuan produk ATI Radeon yang ia datangkan dari China setiap bulannya, kebanyakan yang bemasalah adalah produk ATI Radeon.

"Jika dibandingkan dengan Nvidia, jumlah produk yang di RMA lebih banyak dari Radeon," ujar pria yang akrab disapa Acun ini.

Jika ditelusuri lebih lanjut, hal ini bukanlah sebuah kebetulan belaka, Acun menganggap masalah terjadi karena tidak sempurnanya fitur power plan pada jajaran ATI Radeon HD seri 5000.

"Biasanya penyebab masalah ada di power plan, jadi GPU terkadang overheat," tandasnya pada detikInet, Sabtu (7/8/2010).

3 komentar:

Anonim mengatakan...

memang vga punya ati terlalu banyak masalah....gak cuma pada hardwarenya aja,,,yg saya sering alami pada driver vga ati itu sendiri....

Anonim mengatakan...

kemaren pake nvidia sekarang pake amd, podo wae. kalo jelek dua2 pernah mengeluarkan produk cacat dan tidak pernah recall. so saya maleslah loyal2an. bagus dan murah itu yg saya ambil

ben2 mengatakan...

blm tentu
vga qu lncr2 wae
radeon jg

Posting Komentar