Share

Kamis, 02 September 2010

Komputer Rakitan atau Komputer Built Up

Saat anda ingin membeli komputer di toko komputer. anda akan di hadapkan dua pilihan. Apakah ingin membeli komputer rakitan atau komputer built up.

Komputer desktop dibagi menjadi 2, yaitu rakitan dan built up. Komputer rakitan berarti kita memilih parts atau komponen yang kita inginkan baru kemudian kita rakit dari toko komputer menjadi satu kesatuan sehingga memiliki fungsi komputer seutuhnya. Komputer built up berarti kita membeli jadi sebuah komputer lengkap yang telah dirakit oleh vendor atau perusahaan tertentu. Jadi membeli komputer built up persis seperti membeli TV.


Lalu, kenapa kita harus beli komputer rakitan? Emang lebih bagus yah? Hmm Ya dan Tidak. Komputer rakitan memiliki nilai lebih di fleksibilitas. Fitur yang diinginkan tergantung tebalnya kantung kita. Semakin tebal, semakin luas pilihan kita.


Komputer built up ( Komputer Lengkap ) memang lebih simple pada saat membeli, tapi harga PC built up mahal. Dengan spesifikasi yang sama, PC rakitan bisa lebih murah 40% - 50% daripada PC built up. Kelebihan PC built up yang paling signifikan adalah umur yang lebih panjang dan biasanya disertakan software Windows asli.

Komputer rakitan tidak disertai software operating system asli sehingga anda harus membelinya. Yaah kalau kepepet pas lagi bokek, beli aja yang bajakan Rp. 25 ribu. Tapi kalau mau aman gunakan Open Source Operating System atau kita mengenalnya dengan Linux.

Silahkan anda pilih yang mana?
Sumber

2 komentar:

Anonim mengatakan...

klo punya saya build up juga mas << ya sih memang lebih awet cuman saya masih pentium 3 cpu proses 863 Mhz << ram saya cuman skitar 256 < buat buka link di mozilla aja lama bgt<< klo saya mau ganti spec nya lagi sayang bgt karan itu ORIGINAL nya

Sabdacom mengatakan...

Kalo ingin ngikutin perkembangan zaman komputer, harus punya duit banyak juga sih...kalo harus built up, untuk PC sekarang yang spek tinggi pasti mahal, kalo rakitan kita kan bisa pereteli satu2 mau naikin memory, ganti mobo atau processor terserah kita aja...kalo suka ngikutin zaman pilih rakitan aja lebih murah upgrade nya ;)

Poskan Komentar