Share

Kamis, 23 Februari 2012

Game PC Pertama Di Dunia

Mungkin para gamers sekarang belum pernah atau bahkan tidak mengenal jenis Game Spacewar, game ini merupakan nenek moyang game PC, yaitu game pertama di dunia. Awal pekan ini saat seluruh dunia sibuk membicarakan perayaan hari Valentine, sekelompok mahasiswa di Massachusetts Institute of Technology (MIT) punya perayaan lain. Para mahasiswa itu merayakan 50 tahun munculnya game PC pertama di dunia, Spacewar.
 
Spacewar merupakan karya ciptaan empat mahasiswa MIT pada tahun 1962, di sebuah PDP-1 "minikomputer" yang saat itu berukuran sebesar lemari es. Didapuk sebagai game PC pertama di dunia, Spacewar telah berkembang menjadi banyak versi dan menciptakan ratusan game berbasis petualangan ruang angkasa. Salah satu "anak" Spacewar yang cukup terkenal adalah game Asteroids.

Pada saat itu PDP-1 merupakan salah satu 'minikomputer' yang memiliki teknologi paling canggih dan dilengkapi dengan alat pengontrol. Dengan modal 'minikomputer' ini para mahasiswa tersebut berhasil membuat game action dengan dua pesawat ruang angkasa saling menembak satu sama lain, sambil berusaha menghindari gravitasi matahari yang menarik mereka, game tersebut kemudian diberi nama Spacewar.

Sesuai dengan yang dilansir dari Daily Mail, Game yang dibuat di sebuah ruangan bernama 'Kludge Room', tempat dimana para mahasiswa jurusan komputer MIT melakukan eksperimen dengan teknologi terbaru pada zaman itu, diperkenalkan kepada masyarakat melalui sebuah mesin arcade yang dioperasikan dengan koin pada era tahun 70an.

Dan awal minggu ini untuk merayakan ulang tahun ke 50 Spacewar, para mahasiswa MIT 'melahirkan' kembali game tersebut dengan sebuah versi baru namun tetap menggunakan kode pemograman yang sama dengan yang pertama kali dipakai. Versi baru ini dimainkan oleh anak-anak MIT di sebuah peralatan elektronik seukuran telapak tangan.

Kode pemograman itu sendiri tertuang dalam 40 halaman dan masih bisa dimainkan secara online karena terus di update sesuai dengan perkembangan kode browser terbaru.

0 komentar:

Posting Komentar